Kamis, 15 Desember 2016

makalah investasi

http://myrezashi.blogspot.co.id/

MAMA RO
A.    Mengenai Berdirinya Usaha MAMA RO
MAMA RO merupakan salah satu dari sebahagian kecil investasi dalam usaha isi ulang air mineral. MAMA RO yang beralokasi di desa Deah Baroe Kecamatan Meuraxa ini terbilang usaha yang sanga baik dilihat dari sisi kebutuhan masyarakat akan air minum yang merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital dan masyarakat yang malas akan memasak air mereka lebih memilih membeli air  yang sudah dikemas.
            Usaha ini yang berdiri atas modal sendiri merupakan usaha yang dimiliki oleh Bapak Ilyas yang bertempat tinggal di desa Lambung Kecamatan Meuraxa ini memilih membuka usaha ini karena tergolong usaha yang cukup baik dan yang kebetulan beliau mempunyai tanah yang beralokasi di desa Deah Baroe yang telah di bangun sebuah rumah yang panjang lebarnya 6x6 yang dibangun oleh BRR atas korban Tsunami ini hanya merombak sedikit bangunan tersebut agar sesuai dengan usaha yang akan dijalankan.
            Modal untuk membangun usaha Ini (investasi) yang harus dikelurkan adalah senilai 45 juta rupiah untuk membeli semua mesin yang dperlukan. Beliau menatangkan mesin tersebut dari toko EnerShip Abadi di Keudah.
            Modal yang dikeluarkan :
            Harga mesin                : Rp. 45.000.000
            Gallon aqua PC           : Rp. 28.000 x 100 unit = Rp. 2.800.000
            Gallon aqua biasa        : Rp. 22.000 x 20 unit   = Rp. 440.000
            Air 10 ribu liter           : 220.000 (hari pertama)
            Biaya persiapan           : 500.000
            Mobil(carry) antar       : 70.000.000
            Becak antar                 : 5.000.000
            Total biaya                  : Rp. 123.960.000
            Usaha ini dibantu oleh 4 karyawan, setiap karyawan mendapatkan gaji perbulannya dari usaha tersebut sebesar Rp.1.200.000 maka jika dikali 4, biaya yang dikeluarkan untuk gaji karyawan dalam sebulan ialah Rp.4.800.000.            
Usaha ini telah berjalan 3 tahun, pada awalnya ketika usaha ini dijalankan memang masyarakat setempat tidak begitu mengetahui akan informasi usaha tersebut. Untuk memperkenalkan akan usaha air RO ini beliau memberi gratis untuk setiap rumah 1 gallon air, dan para karyawan datang ke setiap rumah untuk memperkenalkan tentang air RO beserta manfaatnya. Mereka menggunakan pengukur air (TDC) untuk memperlihatkan  kepada masyarakat setempat akan kebersihan dan kejernihan air RO dengan air  biasa. Dengan demikian, usaha ini sekarang telah dikenal dan sudah ada pelanggan yang setia.
B.     Kelebihan Air RO dengan Air Mineral yang Lain.
Air RO terdiri dari beberapa penyaringan di antaranya adalah dengan penyarin pertama melalui Filter. Kemudian untuk tahap kedua disaring melalui Membran. Untuk tahap terakhir air yang telah disaring dari Membran disaring lagi melalui Back Wash.






Pada air mineral biasa mereka hanya menyaring pada tahap awal yaitu Filter, yang memungkinkan kandungan zat-zat kapur masih mengandung pada air tersebut, yang sangat berefek pada kesehatan seseorang.   Pada penyaringan RO  air yang di buang sekitar setengah dari air yang dibeli. Sedangkan pada penyaringan air mineral yang biasa air yang di buang tidak sampai seperempat dari air yang dibeli.
Untuk perawatan mesin, pada tabung Back Wash dicuci sebulan sekali dan tabung seperti Filter dibersihakan dengan melihat tingkat lumut yang pada tabung tersebut, jika sudah agak banyak wajib dibersihkan untuk menjaga kesehatan air.
C.     Bentuk Kerja Sama dan Keuntungan Perbulan
Usaha MAMA RO ini hanya berdiri atas Modal yang dimiliki oleh seorang saja yaitu modal dari Bapak Ilyas. Tidak ada bentuk kerja sama baik Mudharabah maupun Musyarakah pada usaha MAMA  RO ini,
Usaha ini hanya bergerak sendiri untuk mendistribusikan produk airnya kepada masyarakat. Usaha MAMA RO juga mendistribusikan produk airnya ke beberapa lokasi seperti Ketapang, Tungkop, Lingke, dan mastarakat sekitar. Usaha ini juga mendapat mendistribusikan ke Bank BNI, Pertamina dan Mitsubisi Darussalam setiap 2 hari sekali.
MAMA RO buka mulai dari jam 7.00 pagi  hingga 6.00 sore dan buka kembali mulai jam 7.30 hingga 11.00 malam.
Keuntungan yang diperoleh perbulan :
Pendapatan
Harga 1 gallon air                                : Rp. 5.000
Sehari menghabiskan 120 gallon         : Rp. 5.000 x 120 = Rp.600.000
Total perbulan                                     : Rp. 600.000 x 30 = Rp. 18.000.000
Pengeluaran
Pembelian air                                       : Rp. 220.000 perhari
Total pembelian air sebulan                 : Rp. 220.000 x 30 = Rp. 6.600.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.