Panduan Kurikulum
semester Ganjil dan Genap
A.
Pengertian dan fungsi Kurikulum
Kurikulum adalah sistem rencana dan pengaturan
mengenai isi dan bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar
mengajar. Dalam bahasa Arab kurikulum disebut dengan manhaj. Adapun fungsi
adalah sebagai alat pendidikan yang menghasilkan pribadi-pribadi (generasi)
yang lebih baik.
B. Implementasi kurikulum
Implementasi kurikulum merupakan proses penerapan
ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam proses belajar mengajar. Dalam
penerapannya perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Khususnya di TPA
Ar-Risalah yang harus dipertimbangkan adalah tingkat kemampuan dan usia santri
dan juga kualitas dan kuantitas pengajar. Materi kurikulum yang banyak tidak
menjamin tercapainya kualitas santri yang baik. Materi kurikulum harus
disesuaikan dengan kualitas dan kuantitas pengajar.
C. Metodelogi Belajar
Metode mengajar sangat mempengaruhi penerapan
kurikulum di TPA, seorang pengajar harus memahami kondisi santri dan kelas.
Tidak semua metode mengajar efektif ketika diterapkan pada kondisi kelas
tertentu. Seorang pengajar harus memiliki kemampuan kreativitas dalam
menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
Otak akan merekam (ilmu) suatu aktivitas dalam suasana yang
menyenangkan, sehingga otak akan mudah memahami suatu ilmu yang sulit
sekalipun.
Dibawah ini ada beberapa macam metode mengajar
efektif yang dapat diterapkan di TPA Ar-Risalah :
1)
Metode Iqra’
D. Prosedur
Perencanaan Kurikulum
Perencanaan Kurikulum TPA meliputi penentuan bentuk
kegiatan atau proses belajar dan mengajar yang ada di TPA, meliputi baca Iqra’
atau Al-Qur’an, Hafalan dan Pengetahuan KeIslaman. Khususnya di TPA Ar-Risalah
Standar Kurikulumnya meliputi :
1)
Bacaan
Iqra’ dan Al-Qur’an
Kemampuan Santri
|
Kelas di TPA
|
Usia Santri Berdasarkan Sekolah
|
Keterangan Lain
|
Iqra’ 1-6
|
TKA-TPA
|
Kelas TK, 1-6
|
-
|
Al-Qur’an
|
TPQL-TQA
|
Kelas 4-6
|
Jika ada santi
kelas di bawah kelas 4 sudah Al-Qur’an, maka kelas disesuaikan dengan kondisi
si santri.
|
2) Ketentuan
Kelas Santri berdasarkan Sekolah SD/MI
TK-A
|
TK-B
|
TP-A
|
TP-B
|
TPQL
|
TQA
|
TK-Kelas
1
|
Kelas
1-2
|
Kelas
3-4
|
Kelas
4-5
|
Kelas
4-6
|
Kelas
5-SMP
|
3) Kurikulum
a)
Materi Pokok
Bacaan Dasar
|
Surat Pendek
|
Do’a Harian
|
Ilmu Tajwid
|
Praktek Ibadah
|
Iqra’ dan
Al-Qur’an
|
An-Naas-
Al-A’la
(disesuaikan dengan kemampuan santri)
|
1.
Do’a sebelum belajar
2.
Do’a kelancaran bicara
3.
Do’a Makan dan sesudahnya
4.
Do’a sebelum dan bangun tidur
5.
Masuk dan keluar WC
6.
Bercermin
7.
Berpakian
8.
Masuk dan Keluar rumah
9.
Keselamatan dunia dan akhirat
10.
Ketika dan setelah wudhu
11.
Menjenguk orang sakit
12.
Ketika sakit
13.
Ketika bersin
14.
Mendengar orang bersin
15.
Masuk dan keluar masjid
16.
Naik kendaraan darat dan laut
17.
Ketika hujan dan petir
18.
Mimpi baik dan buruk
19.
Kedua orang tua
20.
Syukur nikmat
21.
Qunut subuh
22.
Sujud syukur, tilawah dan sahwi
23.
Dll disesuaikan dengan kemampuan santri
|
1.
Nun Sukun
2.
Mim Sukun
3.
Makharijul Huruf
4.
Sifatul Huruf
5.
Idgham
6.
Tafkhim dan Tarqiq
7.
Waqaf
8.
Istilah dalam al-Qur’an
9.
Hamzah Washal
10.
Pembagian Alif Lam
11.
Dll disesuaikan lagi dengan kemampuan santri
|
1.
Wudhu dan bacaannya
2.
Tayammum dan bacaannya
3.
Shalat dan Do’a didalamnya
4.
Shalat Berjam’ah
5.
Shalat Sunnah
6.
Shalat Jenazah dan Do’anya
7.
Sujud Sahwi
8.
Dll disesuaikan dengan kemampuan santri
|
b)
Materi Penunjang
Ayat Pilihan
|
Hadits
|
Dinul Islam
|
Muatan Lokal
|
1.
QS. Al-Baqarah : 225
2.
QS. Al-Baqarah : 284-286
3.
QS. Ali Imran : 133-136
4.
QS. Al-Mukminun : 1-11
5.
QS. Luqman : 12-15
|
1.
Kebersihan
2.
Kedudukan Ibu
3.
Sifat tergesa-gesa
4.
Senyum
5.
Silaturrahmi
6.
Keutamaan shalawat
7.
Amal yg Dicintai Allah
8.
Diutusnya Rasul
9.
Dll
|
1.
Rukun Islam
2.
Ruku Iman
3.
Mengenal Allah
4.
10 Malaikat
5.
25 Rasul
6.
Kitab-Kitab Allah
7.
Nabi Ulul Azmi
8.
Asmaul Husna
9.
Kisah Nabi
10.
Kisah Sahabat
11. Ihsan Dll
|
1.
Ikrar
santri
2.
Shalawat Nabi
3.
Menulis huruf Hijayyah
4.
Menulis angka Arab
5.
Bahasa Arab Dasar
6.
Bahasa inggris dasar
7.
Dll
|
c)
Materi Tambahan
Materi
Tambahan khusus kelas TPQL dan TQA yaitu membaca kitab Arab Jawi yang membahas
Tauhid , Fiqh ( Fardhu ‘Ain atau sebagainya) dan Akhlak ( Kitab Akhlak). Materi
tambahan lainnya dapat disesuaikan kebutuhan santri dan materi diatas dapat
berubah sesuai dengan kondisi kualitas dan kuantitas santri maupun kurikulum
LPPTKA.
http://myrezashi.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.